iklan banner

Sabtu, 13 Januari 2018

Fakta tentang Bekicot atau Siput yang belum kamu ketahui

GreenNawang - Bekicot siapa yang tak tahu hewan ini salah satu hewan terlambat didunia yang pernah di jadikan dongeng melawan kancil untuk lomba lari.Hewan siput darat yang termasuk dalam filum mollusca atau hewan yang tidak mempunyai tulang belakang.Yang paling umum  ia selalu membawa cangkang nya kemana-mana sebagai mekanisme pertahanan diri.Bekicot memiliki nama latin Achatina fullica lendir hewan ini di gunakan untuk menutupi permukaan kulitnya karena badannya lembek.
       Tetapi kenyataanya beberapa jenis hewan ini bisa dijadikan hewan peliharaan dan juga makanan yang sangat lezat.Bisa juga di jadikan obat.Lanjut ada beberapa fakta dan info mengenai hewan bercangkang yang unik ini.

1. Bekicot pada aslinya hewan yang berasal dari Afrika Timur yang menyebar ke seluruh penjuru Indonesia.Diduga oleh pakar sejarah penyebaranya melalui kapal-kapal perdagangan karena hewan ini menyukai dengan tempat-tempat yang lembab seperti pada permukaan kayu kapal.
2. Bekicot adalah hewan yang membawa parasit yang bisa masuk kedalam tubuh manusia dan merusak kesehatan.sehingga di cap sebagai hewan invansif paling  buruk,Karena itu beberapa negara seperti Amerika Serikat melarang bekicot sebagai hewan peliharaan.
3. Selain  dianggap hama dan hewan berparasit,bekicot juga menjadi makanan lezat yang terutama untuk masakan Prancis.Di Prancis,siput ini disebut dengan Escargots dan menjadi salah satu makanan gourmet atau mewah yang disukai oleh orang Eropa.
4.Beberapa jenis bekicot seperti bekicot keong mas,tutu dan keong sawah berbahaya apabila di konsumsi manusia.Ini karena jenis tersebut membawa parasit cacing yang bisa bertahan hidup didalam tubuh manusia dan memnyebabkan penyakit radang otak atau miningitis.
5.Beberapa jenis bekicot melakukan hibernasi saat di musim dingin dan musim panas.Saat msim dingin  merkea akan melapisi tubuh dengan lendir agar tidak terdampak dengan cuaca yang kering.Saat musim panas mereka akan menyimpan lemak untuk bertahan dari musim kemarau berkepanjangan.
6.Bekicot yang hidup dialam liar memiliki waktu hidup yang lebih panjang dibandingkan yang berlkeliaran disekitar pemukiman atau yang dipelihara.Bekicot bisa hidup selama 10 hingga 25 tahun atau bisa lebih lama lagi tergantung kondisi dan habitat.
7.Giant African Land Snail adalah sepesies bekicot yang memiliki ukuran paling besar di antara sepesies lainya.Menurut sejarah siput terbesar yang pernah di temukan memiliki panjang 30 cm dengan berat lebih dari 1kg.
8.Lendir yang menyelimuti tubuh bekicot tidak hanya berguna sebagai perlindungan tetapi juga sebagai pelumas agar bagian bawah tubuhnya tidak terluka ketika digunakan untuk berjalan.Oleh karena itu hewan ini bisa dengan mudah berjalan di segala permukaan.
9.Fakta bahwa bekicot punya gigi membuat anda heran.Tetapi seekor bekicot memang memiliki sekitar 14.000 gigi berukuran kecil yang berguna untuk memamah makananya.
10.Bekicot adal hewan yang nocturnal atau aktif pada malam hari.Ketika siang hari,siput lebih suka di dalam cangkangnya dan tidak mencari makan.Anda dapat menemukan bekicot pada siang hari ketika cuaca sedang mendung atau tidak ada sinar matahari.
11.Seekor bekicot memiliki dua jenis kelamin pada tubuhnya yang disebut dengan hermaphrodites.Namun mereka tidak bisa berkembang biak sendiri,harus kawin dengan bekicot lain.Kemudian kedua bekicot yang sudah kawin akan bisa menghasilkan bayi-bayi bekicot masing-masing.
12.Dua pasang tentakel atau sungut yang ada pada tubuh bekicot berfungsi sebagai indra penglihatan dan penciuman.Sepasang sungut yangdi atas berguna sebagai penglihatan sementara yang bawag untuk orga penciuman.

Dan apa hukum memakan Bekicot menurut Syariat Islam.ada yang bilang haram ada juga yang bilang halal.Menurut agama Islam bekicot dibedakan menjadi dua yaitu bekicot darat dan bekicot air.
    Kalu Bekicot Air baik perairan tawar atau perairan asin,hukumnya halal,meskipun langsung di masak tanpa disembelih.Sebagaimana yang Allah tegaskan dalam Al-Quraan"Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanannya yang lezat bagimu,dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan....(QS. Al-Maidah:96)
Ibn Abbas dalam riwayat yang sangat masyur,megatakan,"Bintang buruan laut adalah hewan laut yang diambil hidup-hidup,dan makanan dari laut adalah bangkai hewan laut,"(Tafsir Ibn Katsir,3/197).
Kalau Bekicot darat ini lah yang jadi polemik ada yang bilang halal di makan ada juga yang haram di makan.Kebanyakan setatus bekicot darat mendekati di larang untuk di makan.Karena bekicot darat termasuk hewan melata yang tidak bisa di sembelih.Dan semua binatang yang idak mungkin bisa disembelih,maka tidak ada cara untuk bisa memakanya,karena setatusnya bangkai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dan beri masukan