iklan banner

Jumat, 12 Januari 2018

Katak-katak jumbo di dunia

Katak banyak ditemukan di negara dengan iklim tropis siapa yang tau katak,semua orang pasti sudah mengenal.apalagi di Indonesia yang beriklim tropis sangat mudah memenemukan hewan satu ini.Di dunia diketahui ada lebih dari 4.000 jenis katak dan kodok dengan berbagai ukuran,warna kulit,hingga bentuk motif pada kulit.

Katak adalah hewan amfibi,yang dapat hidup di darat dan air.katak dewasa ada yang dikategorikan sebagai karnivora yang dapat memakan serangga,cacing hingga katak lainya.Sejarah menctat,katak pertama kali dikenal pada era jurassic.yakni sekitar 190 juta tahun yang lalu.Katak terebut ditemukan di arizona.Sepesimen tersebut setelah diteliti bagian tulang dan keseluruhan tubuhnya mirip dengan katak yang ada saat ini.

Pada umummnya,katak berukuran 19-23 cm dengan 1,5-3 ons.Namun ternyata ditemukan katak yang memeiliki berat hingga 3.3 kilogram.

katak raksasa itu disebut Goliath Frog,yang disebut-sebut sebagai katak terbesar di dunia.yang habitat katak tersebut di kamerun.Selain Goliath,baru-baru ini di indonesia juga ditemukan katak dengan berat 1.5 kg di enrekeng.Sulawesi Selatan.

Selain kedua jenis itu,ada jenis katak lainya yang memiliki ukuran raksasa dibelahan dunia lainya.seperti apa penampakanya?berikut ini ulasanya:
1. Katak  Goliath(Goliath Frog)
Katak yang dinobatkan  sebagai katak terbesar di dunia ini memiliki nama ilmiah Conrau goliath.Habitat katak raksasa ini di negara kamerun dan dihutan hujan tropis.
Katak Goliath memiliki tinggi 30 cm dengan berat 3,25-3,3 kg.katak ini biasanya keluar pada malam hari dan duduk di bebatuan sungai untuk mencari makan.Makanan katak Goliath dewasa mulai serangga,ikan jenis udang-udangan,hingga hewan amfibi lainya.
     
Goliath  termasuk hewan pemilih makanan,ia hanya mau memakan hewan atau tumbuhan yang ditemukan disekitar sungai atau air terjun.Sebab itu,sepesies hewan ini hanya ditemukan di sejumlah lokasi dunia.
   
Menariknya lagi,hewan ini termasuk jenis amfibi tertua di dunia.Sebab,Goliath sudah ada sejak 250 juta tahun yang lalu atau diera dinosaurus hidup.katak ini hidup hingga usia 15 tahun.
     Namun Internasional for conservation Nature(IUCN) menyebut katak Goliath terancam punah karena mengalami jumlah penurunan sepesies hingga 50 persen dalam populasinya.

2. Katak setan(Devil Frog)
Jenis katak lainya yang memiliki ukuran'raksasa'adalah Dvil frog atau katak setan.Katak ini telah punah dari muka bumi.Namun saat peneliti menemukan fosilnya,Devil frog memiliki ukuran yang besar dan disebut katak terbesar yang pernah ada di bumi.Peneliti menemukan Devil Frog di Madagaskar katak yang memiliki nama ilmiah Beelzebufo. ini memeiliki ukuran 40 cm dengan berat 4,5 kg.Katak ini hidup pada 65-70 juta tahun yang lalu.
             Katak ini memmiliki hubungan kerabat dengan katak yang hidup di Amerika Selatan ini.Katak tersebut populer dengan sebutan katak ceratophyrines atau pac-man.

3.American Bullfrog
Jenis American Bullfrog juga disebut sebagai katak berukuran besar di dunia.katak yang bisa ditemukan di amerika Utara ini memiliki ukuran 20 cm dan berat 750-800 gram.Pada katak betina ukuranya dapat lebih besar.
       
Katak ini dapat ditemukan di kolam air tawar,rawa-rawa di Amerika Utara,Kanada bahkan hingga Amerika Selatan dan Asia.Ciri-ciri dari American Bullfrog yakni memiliki warna kulit hijau atau abu-abu dengan bintik-bintik berwarna coklat.Mereka dapat menyantap segala jenis makanan seperti serangga,tikus,ikan,burung,hingga ular.Katak jantan biasanya lebih agresif dibanding betina.

4.Katak 'Raksasa'di Enrekang,Sulawesi Selatan
Di Indonesia,ditemukan katak berukuran'raksasa'Di Enrekang,Sulawesi Selatan.Ada sembilan ekor katak yang diketahui termasuk sepesies Limononectes Grunniens ini.katak ini bisa ditemukan di Sulawesi.Papua dan Maluku.Dosen biologi di Sekolah tinggi Keguruan dan ilmu Pendidikan (STIKIP) Makasar,Muh Rizaldi,menjelaskan katak tersebut ditemukan rekanya pada 24 april 2017.Kejadian pada malam hari saat rekanya berada di kebun salak.
 
Katak raksasa ini memeiliki berat 1,5 kg.Lokasinya di Desa Buntu Modong.Kecamatan Buntu Batu,Enrekang.Itu jarang-jarang.tapi adanya memenag dikawasan itu.Ujar seorang warga.
Maka dari itu kita sebagai warga Negara yang baik.Harus melestarikan habitat Hewan yang sangat Langka Agar tidak punah sehingga anak cucu kita bisa menyaksikan hewan menakjubkan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dan beri masukan